Kumpulan bermacam-macam makalah,tugas, serta serba-serbi dunia perkuliahan

Minggu, 15 Mei 2016

PENDIDIKAN INTEGRAL dalam ISlam



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Arti Pendidikan menurut UU RI No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Tahun

2003 : Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar        dan     proses      pembelajaran       agar          peserta       didik       secara           aktif
mengembangkan        potensi       dirinya          untuk            memiliki      kekuatan     spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.[1]
Hasbullah menerangkan bahwa dalam artian sederhana pendidikan sering

diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan

nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaan, atau disebut juga penanaman

nilai-nilai (transfer of values).

Para ahli filsafat pendidikan, menyatakan bahwa dalam merumuskan

pengertian pendidikan sebenarnya sangat tergantung kepada pandangan terhadap
     
manusia, hakikat, sifat-sifat atau karakteristik dan tujuan hidup manusia itu

sendiri. Perumusan pendidikan tergantung kepada pandangan hidupnya. Apakah

manusia dilihat sebagai kesatuan badan dan jasmani, jiwa dan roh atau jasmani

dan        rohani?      Pertanyaan-pertanyaan     diatas,        memerlukan      jawaban    yang

menentukan pandangan terhadap hakikat dan tujuan pendidikan, dan dari sini juga

sebagai pangkal perbedaan rumusan pendidikan atau timbulnya aliran-aliran

pendidikan seperti, pendidikan Islam, Kristen, Liberal, progresif atau pragmatis,

komunis, demokratis dan lain-lain. Dengan demikian, terdapat keanekaragaman

pandangan tentang pendidikan. Tetapi dalam keanekaragaman pandangan tentang

pendidikan terdapat titik persamaan tentang pengertian pendidikan, yaitu

pendidikan dilihat sebagai suatu  proses mengarahkan  kepada sesuatu aspek

perkembangan seseorang sesuai dengan nilai-nilai yang merupakan jawaban atas

pertanyaan diatas. Maka, proses pendidikan hanya berlaku pada makhluk manusia

tidak pada hewan.


BAB II
PEMBAHASAN


A.  Pendidikan Integral
Secara bahasa Integral artinya : Menyeluruh, lengkap, terpadu, sempurna[2].

Adapun         pengertian          dari        Pendidikan        integral                adalah  sistem   pendidikan.
memadukan intelektual, moral dan spiritual. Bisa juga pendidikan integral adalah
sebuah pendidikan yang mencakup diri manusia antara jasmani dan rohani.

. Sekolah integral berarti sekolah yang pengelolaannya melibatkan komponen

pendidikan secara menyeluruh. Komponen pendidikan tersebut meliputi institusi

pendidikan, materi, pembelajaran berupa transfer ilmu dan uswah (suri tauladan),

pendekatan dan metodologi pengajaran, murid serta lingkungan sekolah. Sekolah

yang mempunyai program integral identik dengan peran tauhid dalam

pembelajaran. Dalam proses pendidikan yang paling penting adalah  bertauhid,

tidak mempersekutukan allah dengan segala sesuatu apapun. Tauhid sebagai cara

pandang terhadap kehidupan, tauhid sebagai acuan tujuan hidup. Apabila tauhid

tidak tertanam dalam proses pendidikan, maka apapun yang dilakukan, profesi

apa yang dikerjakan, ilmu apa yang dikuasai dan teknologi yang digunakan tidak

akan mampu memaknai hidup[3]. Pendidikan integralistik harus berdasarkan

tauhid, dan bertujuan untuk menjadikan manusia yang mengabdikan diri kepada

allah dalam arti yang seluas-luasnya., dengan misi mencari kebahagiaan hidup di

dunia dan di akhirat.



Suatu prinsip yang seharusnya dianut adalah bahwa dunia ini merupakan

jembatan menuju kampung akhirat. Karena itu, mempersiapkan diri secara utuh

merupakan hal yang tidak dapat dielakkan agar masa kehidupan di dunia ini benar

benar bermanfaat untuk bekal yang akan dibawa ke akhirat. Perilaku yang

terdidik dan nikmat Tuhan apapun yang didapat dalam kehidupan harus diabdikan

untuk mencapai kelayakan kelayakan itu terutama dengan mematuhi keinginan

Tuhan. Allah Swt Berfirman :


Æ÷tGö/$#ur !$yJÏù š9t?#uä ª!$# u#¤$!$# notÅzFy$# ( Ÿwur š[Ys? y7t7ŠÅÁtR šÆÏB $u÷R9$# (
Artinya :

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan)
kampung akhirat, dan janganlah kanu melupakan kebahagiaanmu dari
kenikmatan duniawi...” (QS. Al Qoshosh: 77).

Ayat ini menunjukkan kepada prinsip integritas di mana diri dan segala yang

ada padanya dikembangkan pada satu arah, yakni kebajikan dalam rangka

pengabdian kepada Tuhan.

Pendidikan integral dapat dicontohkan, model pendidikan KH. Imam

Zarkasyi. Yaitu santri itu harus dibekali pengetahuan dasar tentang Islam (ulum

al-syariyyah), tapi juga diajari ilmu pengetahuan “umum” (ulum naqliyyah atau

ulum kauniyyah).

Ketika Pesantren dengan kriteria seperti itu benar-benar berdiri tahun 1936,

masyarakat lalu menyebutnya Pondok Modern. Nama yang melekat dengan nama

aslinya Darussalam.



Dari inspirasi dan gagasan itu otomatis ide tentang integrasi ilmu pengetahuan

sudah termasuk. Maka ketika kunjungannya ke Gontor Presiden Soeharto

bertanya kepada KH. Imam Zarkasyi berapa persen pelajaran agama dan umum di



sini. Ia menjawab secara tegas: “100% agama dan 100% umum”.[4] Maksud

sebenarnya tidak ada prosentasi agama dan umum dalam Islam. Semua ilmu

adalah untuk ibadah.

Wajah pendidikan Islam pada waktu itu memang dikotomis. Disatu sisi sistim

pendidikan penjajah sama sekali tidak mengajarkan ilmu agama. Di sisi lain

sistem pendidikan pesantren mengharamkan ilmu pengetahuan “umum”. Untuk

itu, sistim pesantren tradisional digabung sistem madrasah. Sistem pesantren

efektif untuk membentuk mental dan moralitas santri dengan nilai-nilai agama.

Sedangkan sistim madrasah efektif untuk pembelajaran. Sistem klasikalnya

dengan jenjang-jenjang kelas serta tahun kelulusan menawarkan efisiensi waktu.

Ini berbeda dengan pesantren tradisional yang berprinsip belajar seumur hidup.

Sistim belajar seperti ini, maksudnya sistim madrasah dalam pesantren, menurut

Prof Dr Mukti Ali suatu ketika adalah sistim belajar paling efektif.

Integrasi hanyalah sarana namun obsesi KH Imam Zarkasyi lebh jauh. Ia

ternyata terinspirasi oleh gagasan Islamic revival-nya Jamaluddin al-Afghani di

Mesir dan Sir Syed Ahmad Khan di India, meski berbeda cara. Dia tidak percaya

bahwa politik adalah solusi utama. Yang ia yakini justru pendidikan. “Politik saya

adalah politik pendidikan”, katanya suatu ketika. Maka dari itu ia tidak

mengarahkan santrinya untuk menjadi pengusaha, pegawai, pejabat, dan bahkan

kiai. Ia meng arahkan santrinya untuk menjadi manusia seutuhnya.

Kini sistem pendidikan pesantren yang integral antara madrasah dan pesantren

tradisional itu masih terus bertahan hingga kini. Alumninya banyak yang

membawa pulang sistim itu keseluruh penjuru Indonesia. Dan kini pesantren

alumninya itu telah menghasilkan alumni-alumni pula. Dengan sistem integral

tersebut alumninya banyak menonjol di bidang masing-masing.


B.        Pendidikan Integral Versus Dikotomi Pendidikan
Dikotomi adalah pembagian dua bagian, pembelahan dua, bercabang dua

bagian.[5] Ada juga yang mendefinisikan dikotomi sebagai pembagian di dua

kelompok yang saling bertentangan.[6] Secara terminologis, dikotomi dipahami

sebagai pemisahan antara ilmu dan agama yang kemudian berkembang menjadi

fenomena dikotomik-dikotomik lainnya, seperti dikotomi ulama dan intelektual,

dikotomi dalam dunia pendidikan Islam dan bahkan dikotomi dalam diri muslim

itu sendiri (split personality). Bagi al- Faruqi, dikotomi adalah dualisme religius

dan kultural.

Dengan pemaknaan dikotomi di atas, maka dikotomi pendidikan Islam adalah

dualisme sistem pendidikan antara pendidikan agama Islam dan pendidikan

umum yang memisahkan kesadaran keagamaan dan ilmu pengetahuan. Dualisme

ini, bukan hanya pada dataran pemilahan tetapi masuk pada wilayah pemisahan.

Sistem pendidikan yang dikotomik pada pendidikan Islam akan menyebabkan

pecahnya peradaban Islam dan akan menafikan peradaban Islam yang kqffah

(menyeluruh). Meskipun dikotomi ini adalah problem kontemporer namun

keberadaannya tentu tidak lepas dari proses historisitas yang panjang sehingga

bisa muncul sekarang ini.

Secara historis, pendidikan di Indonesia pada abad 20 M, terpecah menjadi

dua golongan, yaitu, pertama, pendidikan yang diberikan oleh sekolah-sekolah

barat yang sekuler yang tak mengenal agama. Kedua, pendidikan yang diberikan

oleh pondok pesantren yang hanya mengenal agama saja. Menurut istilah

Wirjosukarto pada periode tersebut terdapat dua corak pendidikan, yaitu corak

lama yang berpusat di pondok pesantren dan corak baru dari perguruan (sekolah-

sekolah) yang didirikan oleh pemerintah belanda.[7]

Sistem     pendidikan     belanda memang betul      dapat    memberikan      bekal

pengetahuan modern, keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan oleh zaman,

akan tetapi jiwanya kerdil, dan dikotomis kareana tidak memiliki landasan iman

dan aklaq yangm mulia. Disisi lain pendidikan pesantren dan madrasah memang

betul memberikan bekal akidah dan akhlak yang mulia, namun tidak memberikan

bekal ilmu pengetahuan modern, teknologi dan keterampilan yang memenuhi

kebutuhan masyarakat sekarang.

Problematika Pendidikan Agama Islam (PAI) masuk ke dalam kurikulum

pendidikan nasional dari tahun ke tahun mengalami perubahan. Hal ini

dimaksudkan untuk pembaharuan pendidikan Islam guna kemajuan di tingkat

pendidikan Islam.

Tercakupnya pendidikan Islam dalam konstelasi kebijakan pendidikan

nasional ini diindikasikan dari beberapa segi :

Pertama, segi konstitusi. Bahwa secara konstitusional pendidikan Islam

dilegitimasi oleh kebijakan nasional yang berlaku, seperti sila pertama pancasila,

UUD 1945 pasal 29, UU nomor 4 tahun 1950 tentang pendidikan agama, SKB

menteri PP dan K dan menteri agama nomor 1432/kab, tanggal 20 januari 1951

(agama) tentang peraturan pendidikan agama di sekolah-sekolah. TAP MPR pasal

4 nomor XXVII/MPRS/1966 tentang tujuan pendidikan, TAP MPR No.

IV/MPR/1973 dan 1978 (GBHN) tentang dimasukkannya pendidikan agama

dalam kurikulum sekolah mulai dari sekolah dasar sampai universitas negeri. [8]

Kedua, segi institusi. Bahwa lembaga pendidikan yang tertua dan berakar

secara nasional, bahkan sebelum kolonialisme bangsa eropa, adalah pesantren dan

sejenisnya. Hingga kini pesantren menjadi bagian integral lembaga pendidikan

Islam bagi umat Islam di Indonesia.

Ketiga, segi sosial. Bahwa komposisi penduduk di Indonesia lebih dari 90%

adalah umat Islam, sehingga dominan dalam membentuk budaya bangsa, dan

memiliki kontribusi yang signifikan bagi pendidikan umat.

Pendidikan Islam sebagai sub system pendidikan nasional di maksud, dalam

praktiknya secara birokratik dapat mengarah pada dualisme pendidikan dan

dikotomi ilmu, sebab di satu pihak kebijakan pendidikan pada umumnya

ditangani oleh Dinas Pendidikan (Diknas), dan dipihak lain pendidikan agama

Islam ditangani oleh departemen agama (Depag).[9]


BAB III
KESIMPULAN

Dari beberapa pembahasan yang telah dikemukakan diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwasanya pendidikan bernafaskan Islami yang ada di Indonesia yang dikelola oleh KEMENAG ini dapat dikatakan belum sepadan hasilnya dengan Pendidikan Umum yang dikelola oleh KEMENDIKBUD dalam hal pengetahuan berbasis Sains dikarenakan lebih mengedepankan perubahan perilaku (Akhlaqul Karimah) pada peserta didik, itu bisa dilihat dari dominannya peransekolah-sekolah umum di Indonesia yang ikut serta dalam ajang Kompetisi Sains Dunia, dll.  Sedangkan, di sisi lain, Pendidikan bernafaskan Islami ini dirasa lebih mampu untuk membentuk kader-kader bangsa yang faham arti pentingnya sopan santun dibandingkan mereka yang berada dalam ruang lingkup pendidikan umum.





DAFTAR PUSTAKA



Abd. Rachman Assegaf, 2005. Politik Pendidikan Nasional, (Yogyakarta : Kurnia Kalam) 
Adi Sasono, 1998. Solusi Islam Atas Problematika Umat EkonomiPendidikan, dan Dakwah (Jakarta: Pustaka Media)
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1989.  Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta :Balai Pustaka )
John M. Echols dan Hassan Shadily, "dichotomy", 1992. Kamus Inggris-Indonesia (Jakarta : PT.
Gramedia Utama)


M. Dahlan, 1994.  Kamus Ilmiah Populer, (Surabaya ; Arkola)


Muhaimin, 2003. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, (Surabaya:Pustaka Pelajar)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003





                                                                                        









































[1]Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I pasal 1

[2] M. Dahlan, Kamus Ilmiah Populer, (Surabaya ; Arkola, 1994), 264
[3] http://www.integral.sch.id. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2015, pada pukul 08.30.
[4]Adi Sasono, Solusi Islam Atas Problematika Umat EkonomiPendidikan, dan Dakwah (1998) h. 140
[5] John M. Echols dan Hassan Shadily, "dichotomy", Kamus Inggris-Indonesia (Jakarta : PT.
Gramedia Utama, 1992), 180
[6]Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, "dikotomi", Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta :Balai Pustaka, 1989), 205
[7]Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, (Surabaya:Pustaka Pelajar, 2003), 70
[8] Abd. Rachman Assegaf, Politik Pendidikan Nasional, (Yogyakarta : Kurnia Kalam, 2005), 6
[9] Ibid. Hal. 7
Share:

Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates